Menu

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
PDF Print

Kata Pengantar

 

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah S.W.T. karena atas berkat-Nya, sehingga pada akhirnya Evaluasi Diri Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dapat terselesaikan. Pandangan, masukan, dan proposalan dari berbagai pihak selaku pemangku kepentingan yang ada di dalam maupun di luar Program Studi menjadi sumber utama laporan evaluasi diri ini. Oleh karena itu tidaklah berlebihan jika kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung, serta membantu memberikan informasi serta masukan dalam penyusunan evaluasi diri ini.

Melalui Evaluasi Diri ini diharapkan dapat diperoleh gambaran yang sejelas-jelasnya tentang status dan kondisi masa kini dari Program Studi, yang akan sangat bermanfaat untuk pengembangan Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas di masa mendatang. Hasil Evaluasi ini akan digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki pengelolaan dan meningkatkan kinerja Program Studi, agar Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dapat memberikan kontribusinya kepada masyarakat Indonesia dengan lebih baik lagi, khususnya dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Evaluasi Diri ini juga dibuat untuk memenuhi persyaratan penilaian akreditasi pada tahun 2012 oleh pihak eksternal, yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Data, informasi serta bahan-bahan masukan yang digunakan dalam evaluasi diri ini, pada dasarnya diperoleh dari basis data yang ada pada Program Studi sejak tahun akademik 2008/2009 sampai dengan semester genap 2010/2011. Namun demikian, beberapa data dan informasi yang dianggap dapat mendukung upaya penggambaran rencana kerja Program Studi di tahun-tahun mendatang, adakalanya disajikan pula untuk Evaluasi Diri Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.

Namun, walau telah berusaha optimal, tim penyusun menyadari bahwa apa yang dihasilkan masih terdapat kekurangan. Untuk itu, saran konstruktif dalam rangka penyempurnaan sangat diharapkan.

Padang, 15 Mei 2012

Prof. Dr. dr. Hj. Rizanda Machmud, M.Kes

 

Ketua Prodi S2 Kesehatan Masyarakat FK-Unand

 


 

Kata Pengantar


Perubahan yang sangat bermakna terjadi di bidang kesehatan, penyebaran dan penularan penyakit dari satu kawasan ke kawasan lainnya atau dari satu komunitas ke komunitas lainnya hampir tak terhindarkan. Keadaan ini memberi akibat langsung ataupun tidak langsung terhadap masalah kesehatan yang dihadapi. Masalah kesehatan menjadi semakin rumit, sehingga pelayanan kesehatan tentu saja juga menjadi semakin rumit, sehingga pelayanan kesehatan juga menjadi semakin mahal sehingga hampir-hampir tidak terjangkau oleh masyarakat banyak.

Untuk itu, amat diperlukan sistem kesehatan nasional, maupun lokal yang efisien dan didukung pula oleh tenaga-tenaga yang terampil dengan kawasan keilmuan dan teknologi yang tinggi pula, sehingga pelayanan kesehatan masa depan selain harus didukung oleh tenaga medis yang profesional, tapi juga harus dikelola oleh para manager yang profesional pula. Sayangnya tenaga pengelola atau manager pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan jenjang pendidikan S2 dan S3 masih sangat terbatas.

Berangkat dari kerangka pikir yang demikian, sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Andalas yang sudah menyelenggarakan pendidikan kedokteran sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi, tentang untuk menyelenggarakan pendidikan S2 dalam bidang Peminatan Kajian Administrasi Rumah Sakit dan Peminatan Magister Kesehatan.

Padang, 15 Mei 2015

dr. Hardisman, M.HID, DrPH(Med)

 

Ketua Prodi S2 Kesehatan Masyarakat FK-Unand