Menu

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
PDF Print

SEJARAH

Perubahan yang sangat bermakna terjadi di bidang kesehatan, penyebaran dan penularan penyakit dari satu kawasan ke kawasan lainnya atau dari satu komunitas ke komunitas lainnya hampir tak terhindarkan. Keadaan ini memberi akibat langsung ataupun tidak langsung terhadap masalah kesehatan yang dihadapi. Masalah kesehatan menjadi semakin rumit, sehingga pelayanan kesehatan tentu saja juga menjadi semakin rumit, sehingga pelayanan kesehatan juga menjadi semakin mahal sehingga hampir-hampir tidak terjangkau oleh masyarakat umum.

Untuk itu, diperlukan sistem kesehatan nasional, maupun lokal yang efisien dan didukung pula oleh tenaga-tenaga yang terampil dengan wawasan keilmuan dan teknologi yang tinggi, sehingga pelayanan kesehatan masa depan selain harus didukung oleh tenaga medis yang profesional, tapi juga harus dikelola oleh para manager yang profesional pula. Sayangnya tenaga pengelola atau manager pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan jenjang pendidikan S2 dan S3 masih sangat terbatas.

Berangkat dari kerangka pikir yang demikian, sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Andalas yang sudah menyelenggarakan pendidikan kedokteran sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi, tentang untuk menyelenggarakan pendidikan S2 dalam bidang Peminatan Kajian Administrasi Rumah Sakit dan Peminatan Magister Kesehatan.

Pengelolaan kegiatan belajar mengajar Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat semula dilakukan oleh Program Pascasarjana Universitas Andalas, kemudian pada tahun 2012 pengelolaan dialihkan ke Pascasarjana Kedokteran, melalui SK Rektor Nomor. 717/UN.16/PP/2012 Tentang Pengalihan Program Studi Magister.

Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas adalah salah satu dari lima program studi yang ada di Pascasarjana Kedokteran Universitas Andalas. Penyelenggaraan program studi ini sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan saat itu (Kementerian Pendidikan Nasional saat ini) bernomor 2090/D/T/2008 tertanggal 7 JULI 2008, tentang Pembentukan Program S2 Kesehatan Masyarakat pada Program Pascasarjana di lingkungan Universitas Andalas Padang. Program Studi ini beralamat di Kampus Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Jln. Perintis Kemerdekaan No.94 Jati, Padang-Sumatera Barat.

Pendidikan diselenggarakan dengan pola perkuliahan menggunakan Sistem Kredit Semester (KRS), Penyelenggaraan pendidikan menggunakan multi metode, yaitu : perkuliahan, diskusi, seminar, lokakarya, pratek klinik laboratorium. Beban studi untuk Program Magister (S2) Program Studi Kesehatan Masyarakat adalah 45-47 SKS termasuk tesis/tugas akhir. Program Magister (S2) Program Studi Kesehatan Masyarakat direncanakan dalam 4 semester (2 tahun), dan dapat ditempuh kurang dari 2 tahun.

Dalam menempuh kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya dilaksanakan dengan sistem pembimbingan oleh dosen yang berjabatan Guru Besar (Profesor) dan Doktor. Perkuliahan dilaksanakan setiap hari  Jum’at, Sabtu dan Minggu yang bertempat di Gedung Pascasarjana S2 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang dan telah terakreditasi BAN PT dengan status akreditasi "B" nomor SK;  046/SK/BAN-PT/Ak-X/M/II/2013.