Menu

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

dr. Hardisman, M.HID., Dr.PH., adalah seorang dokter (dr), lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-UNAND) Padang, Sumatera Barat dan saat ini mengabdikan diri sebagi staf pengajar di almamaternya.Ia menempuh pendidikan Master (S2) dan Doktor (S3) di School of Medicine, Flinders University, Adelaide, Australia pada bidang profesi medis. Ia pernah mendapatkan pelatihan Emergencydan Criitical Care Medicine di Australian Red Cross (Juni-Juli 2007),Clinical Skill Simulation Center di Rumah Sakit Flinders Medical CenterAdelaide, Australia (2007 dan 2008), dan Health Care Leadership, Quality and Safety di Harvard University, Boston, US (April 2014). profilnya dapat dilihat di http://staff.unand.ac.id/hardisman/.

Dr. Hardi telah mempublikasikan puluhan artikel di jurnal dan pertemuan ilmiah nasional dan internasional. Ia juga telah menulis beberapa buku, diantaranya;Medical Malpractice in Indonesian News Media Discourses and the Potential Impact on Medical Services. In The Perspectives of Indonesian Students in Australia on Better Indonesia (Book Chapter) (Flinders University, ISBN:978-0646-573380). Stetoskop: Fisiologi Jantung, Paru dan Otak dalam Kajian Ilmu Kedokteran dan Al-Qur’an” (Mitra Wacana Media, ISBN: 978-602-1521-66-3).Pengantar Kesehatan Reproduksi, Seksologi dan Embriologi; dalam kajian Ilmu Kedokteran dan Al-Qur’an (Penerbit Gosyen Publishing, ISBN: 978-602-9018-92-9).Fisiologi dan Aspek Klinis Cairan Tubuh dan Elektrolit” (Penerbit Buku Kedokteran EGC, In-press). Gawat Darurat Medis Praktis (Kontributor dan Editor; bersamaHippocrates Emergency Team: HET) (Penerbit Gosyen Publishing).Etika Profesi Kesehatan (Kontributor dan Editor) (CV Budi Utama, ISBN: 978-602-2802-20-4). Pelaksanaan Orthopedi Terkini untuk Dokter layanan Primer (Editor) (Mitra Wacana Media, ISBN:978-602-1521-93-9).Penatalaksanaan Gawat Darurat Medis Praktis [Bersama Hippocrates Emergency Team], Penerbit Buku Kesehatan Gosyen (ISBN: 978-602-1107-04-1)

Saat ini Dr. Hardi mengajar pada Program Studi Pendidikan Dokter (S1 da Profesi), S2 Magister Kesehatan Masyarakat, Magister Administrasi Rumah Sakit dan Magister Kebidanan, serta S3 Program Doktor Ilmu Kedokteran. Aktif diberbagai kegiatan kampus, yang mana ia merupakan sekretaris persiapan akreditasi FK-Unand pada tahun 2008-2009 yang lalu (untuk akreditasi 2011-2016) dan juga sebagai staf ahli Dewan-Wakil Dekan Bidang II.

Semasa mahasiswa Dr. Hardi aktif di organisasi kemahasiswaan. Ia aktif dalam kegiatan SAR dan alam terbuka dan dipercaya menjadi Tim Kajian Strategis Organisasi Tim Bantuan Medis Hippocrates Emergency team (HET) FK-Unand, pada saat yang sama juga menjadi Ketua Forum Studi Kedokteran Islam tahun 1998-1999 (FSKI), kemudian pada Periode 1999-2000 hingga tahun 2001 menjadi Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK-Unand. Kegiatan berorganisasi terus dilanjutkan saat ia menempuh pendidikan di Australia.

 

Prestasi yang diungulkan diantara karya-karya tersebut adalah: Buku “Gawat Darurat Medis Praktis” diterbitkan oleh penerbit buku Kesehatan Gosyen Publishing Yogyakarta, pada Juli 2014 dengan ISBN: 978-602-1107-04-1. Didalam bukunya itu, dr. Hardisman, MHID, DrPH mengatakan bahwa lulusan dokter sebagian besar akan menjadi dokter layanan tingkat pertama atau primer. Dokter layanan primer berperan dalam memberikan layanan kesehatan terdepan sangat membutuhkan kompetensi keterampilan klinis praktis. Pendidikan profesi dokter harus menghasilkan dokter yang mampu mandiri dalam menjalankan profesinya, mulai dari melakukan pemeriksaan, menegakkan diagnosis dan melakukan penatalaksanaan. Pendidikan profesi dokter tersebut menghasilkan dokter yang akan bekerja pada layanan kesehatan tingkat pertama atau sebagai dokter layanan primer. Pada tahun 2014 dr. Hardisman, MHID, DrPH terpilih sebagai dosen berprestasi II tingkat Universitas Andalas.