Menu

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
PDF Print

Dosen Study Lanjut Program Pascasarjana S2 Kesehatan Masyarakat

Jumlah dosen Universitas Andalas yang sedang mengikuti program studi S3 baik di dalam negeri maupun di luar negeri sampai bulan Desember tahun 2014 tercatat sebanyak 298 orang (Tabel 1). Fakultas tertinggi yang mengirim dosennya untuk melanjutkan studi program S3 adalah Fakultas Ekonomi (44 orang). Kemudian diikuti oleh Fakultas Kedokteran (42 orang) dan Fakultas Teknik (30 orang). Seluruh dosen yang sedang mengikuti studi program S3 mencapai 21,5% dari seluruh dosen Universitas Andalas (1.381 orang).

Tabel 1 Studi LanjutSebanyak 20 orang dosen yang mengikuti studi Program S3 tersebut telah mulai kuliah sebelum tahun 2007 diperlihatkan pada Tabel 2. Kalau dihitung masa studi yang telah dilalui oleh 20 orang dosen tersebut sudah lebih dari 9 tahun. Artinya dosen tersebut seharusnya telah menamatkan studi dan aktif kembali untuk menjalankan tugas sebagai dosen. Tentu perlu penelusuran lebih jauh persoalan-persoalan yang sedang dihadapi oleh kelompok dosen yang telah mengikuti kuliah melebihi dari 7 tahun tersebut. Dengan penulusuran tersebut diharapkan dosen tersebut dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Berdasarkan data tahun 2014 mulai studi program S3 ini, pada tahun 2014 seharusnya dosen Universitas Andalas telah telah menamatkan studi doktor sebanyak 32 orang. Selanjutan pada tahun 2015 dan 2016 diharapkan bertambah lagi paling tidak sebanyak 30 orang dosen yang mendapat gelar doktor dalam bidang masing-masing. Meskipun target ini agak sulit akan tercapai, paling tidak pada akhir 2015 diharapkan sebanyak 30 orang dosen dapat berjibaku untuk serius menyelesaikan studi doktoral yang sedang dijalani.

Selanjutnya perguruan tinggi negeri tempat dosen mengikuti studi juga dapat dilihat pada Tabel 1. Sebahagian besar (70,13%) dosen Universitas Andalas mengikuti studi di perguruan tinggi dalam negeri. Sedangkan dosen Universitas Andalas yang mengikuti studi luar negeri memilih negara Malaysia sebanyak 31 orang dosen, Jepang sebanyak 17 orang dosen dan Inggris sebanyak 9 orang dosen.

Jumlah dosen Universitas Andalas yang mengikuti program S3 di dalam negeri, sebanyak 117 orang (40%) mengikuti kuliah di program studi S3 yang terdapat di lingkungan Universitas Andalas. Dengan demikian persoalan yang harus diselesaikan pimpiman Universitas Andalas adalah bagaimana mengatasi persoalan yang dihadapi oleh 117 orang yang sedang studi di kampus sendiri ini.

Tabel 2 Studi LanjutSelanjutnya dari 117 orang yang melanjutkan program studi S3 di Universitas Andalas, ternyata sebanyak 58 orang yang melanjutkan studi di Program S3 Biomedik, Fakultas Kedokteranan Universitas Andalas. Setelah itu disusul oleh Program Studi S3 Pascasarajana Universitas Andalas sebanyak 27 orang. Sementara di program pascasarajana fakultas lainnya relatif rendah, tetapi tetap mempunyai kontribusi terhadap jumlah secara keseluruhan dosen Universitas Andalas yang sedang mengikuti studi. Dari fakta yang dikemukakan ini, maka dosen yang mengambil program S3 di Program Studi Biomedik dan Program Pascasarjana Universitas Andalas harus mendapat perhatian khusus, agar tidak terjadi penumpukan mahasiswa yang terlalu lama menyelesaikan studi.

Sekretariat Rektorat

 

  • dr.Yuniar Lestari,M.Kes
  • dr.Edison,MPH
  • dr.Adila Kasni Astiena,MARS
  • dr.Abdi Setya Putra,MARS
  • dr.Rima Semiarty,MARS
  • Ifmaily,Ssi,Apt,M.Kes
  • Meri Ramadhani,SKM,MKM